top of page
Search
  • butlersilke92

Trik Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop: Memanfaatkan Fitur Lighting Effect yang Canggih



Mungkin bagi anda yang suka dengan dunia fotografi akan merasa terbantu dengan adanya cara membuat efek cahaya matahari tanpa harus bersusah payah mangambil / mencari momen yang tepat untuk melakukan kegiatan fotografi dengan tujuan hasil yang memuaskan.


Dengan melakukan editing yang cukup simpel dan sederhana anda sudah bisa mendapatkan hasil yang cukup memuaskan foto dengan efek cahaya. Tidak menutup kemungkinan anada bisa melakukan editing yang lainnya dengan menggunakan tool yang sama pada photoshop, karena ini baru sebagian kecil dari kegunaan tool yang ada dalam photoshop.




Trik Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop




Yang perlu anda siapkan yaitu foto yang beresolusi bagus yang ada awannya atau langitnya , karena yang akan kita buat efek cahaya matahari, namun boleh juga foto dalam ruangan yang ada langit langit ruangan untuk embuat efek cahaya lampu.


Teknik manipulasi efek sinar lampu yang diajarkan di sini amat mudah untuk dipraktekkan bahkan bagi seorang pemula sekalipun. Karena di dalam proses pembuatannya hanya digunakan teknik-teknik yang simple dan mudah untuk diikuti sehingga anda dapat dengan mudah mempraktekkannya sendiri di rumah.


Tutorial photoshop ini akan memaparkan langkah-langkah dalam menggabungkan beberapa buah objek dan background dalam hal ini digunakan gambar model dan background pemandangan yang nantinya akan dipadukan dengan efek cahaya dari lampu hasil dari manipulasi. Penasaran dengan bagaimana cara membuatnya? Maka sebaiknya anda berkonsentrasi dan menymak dengan baik penjelasan tutorial berikut ini:


Kurang labih begitlah cara termudah yang bisa anda lakukan untuk menciptakan efek cahaya lampu dengan memanfaatkan software photoshop. Semoga tutorial yang saya berikan di atas mengenai Cara Membuat Efek Cahaya Lampu Pada Photoshop dapat menambah wawasan anda mengenai teknik-teknik manipulasi foto dengan menggunakan photoshop. Selamat mencoba.


Tapi tunggu dulu kawan, sebelum kita jauh mengulas bagaimana cara membuat efek ROL pada foto, DIYKamera akan sedikit menjelaskan apa itu efek ROL. Dalam dunia fotografi efek ROL yang merupakan kepanjangan dari Ray of Light ini merupakan efek dari cahaya yang tertangkap kamera. Dengan kata lain, efek ROL sendiri lebih mengutamakan bagaimana cahaya, misalnya di cahaya matahari tampak begitu jelas menerangi obyek foto namun dengan mengikuti alur cahaya yang natural. Sehingga, tak terkesan dibuat-buat meskipun aslinya diedit. Nah, umumnya untuk menerapkan cara membuat efek ROL pada foto ini, kebanyakan menggunakan aplikasi photoshop mengingat aplikasi ini cukup simple dan fleksibel untuk proses editing. Lantas, bagaimana cara untuk melakukannya? Yuk, simak saja uraian lengkap dari DIYKamera mengenai cara membuat efek ROL pada foto di bawah ini!


Di bawah ini, DIYKamera akan jelaskan secara rinci mengenai cara membuat efek ROL pada foto untuk mendapatkan hasil gambar atau foto yang lebih berkesan. Di mana, kali ini kita akan gunakan aplikasi Photoshop. Berikut langkah-langkahnya :


Bagaimana kawan? Cukup mudah bukan cara membuat efek ROL pada foto itu? Memang, langkah untuk mendapatkan efek ROL melalui aplikasi Photoshop di atas sedikit rumit. Namun, jika kita coba dengan benar dan urut maka lama-kelamaan kita akan terbiasa dan bisa mengembangkan edit foto sesuai selera. Sekian ulasan mengenai cara membuat efek ROL pada foto yang telah DIYKamera di atas. Sekian dan selamat mencoba kawan.


Tutorial Photoshop Efek Cahaya Matahari - kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat cayaha matahari yang menembus langit-langit. Cara membuat efek ini sangat simple dan klasik yang menghadirkan cahaya lembut pagi dan sore hari pada objek fotografi anda.langsung aja buka photoshop, disini saya menggunakan photoshop Cs6.Open file yang akan diedit, klik opoen dan cari gambar yang akan diedit.., disini saya menggunakan gambar hutan yang sangat lebat dan terdapat celah2 cahaya matahari masuklalu buat layer baru dengan cara pergi ke Layer>New>Layer untuk membuat layer baru. untuk membat layer baru ada beberapa cara bisa menggunkan short cut bisa juga klik icon create new layeruntuk membuat cahaya matahari kita hanya menggunakan Gradient Tool, untuk warna gunakan warna putih lalu pada gradient pilih Foreground to Transparent dan dengan warnah putih. Anda bisa menggunakan tombol d dan x untuk pergantian warna.Untuk membuat cahaya agar terlihat seperti masuk dari celah2 daun, tarik dari pojok kanan atas ke kiri bawah seperti gambar dibawah ini.hasilnya seperti ini.sekarang untuk menambahkan warna agar terlihat seperti sunset dan sunrise dengan cahaya lembut orange. Pergi ke Layer>New Adjustment Layer>Photo FilterUbah Density menjadi 100%, lalu pada layer ubah Blend mode manjadi Normal ke Overlay dan kurangi opacity menjadi 75%untuk hasil akhinya seperti ini.semoga tutorial membuat efek cahaya metahari ini bisa membantu sobat-sobat photoshoper.


Anda memiliki foto yang kurang gemerlap? Dengan sedikit trik manipulasi cahaya yang tepat, foto anda akan menjadi lebih cemerlang. Kali ini kita akan mencoba menyulap sebuah foto kota dimalam hari menjadi bersinar seperti di tengah kota-kota besar dengan efek pencahayaan, sehingga membuat yang ingin melihatnya ingin segera membuatnya.


9. Kini pada kanvas kerja anda telah tercipta photo yang seperti di sorot lampu kamera, tapi jika merasa efek cahaya tersebut kurang, anda dapat menduplikasikan layer tersebut dengan cara menekan tombol Ctrl+J pada keyboard, maka akan tercipta gambar yang lebih terang lagi.


Lighting Effect adalah efek cahaya pada foto untuk membuat foto itu menjadi lebih menarik dan kereeeen,bagaimana cara membuat lighting effect pada Photoshop ? Berikut akan saya ulas dengan menggunakan tehnik sederhana.berikut saya sertakan juga bahan2 untuk membuat efek cahaya silahkan download Disini


Di Envato, kami mencintai tool Photoshop yang membuat hidup kita sedikit lebih mudah (dan lebih menyenangkan), jadi kami berpikir kami akan membagikan campuran dari 15 action, panel dan brush untuk menambahkan beberapa efek visual yang keren pada pekerjaan anda.


Dengan cara yang sama pada Soft Focus 1, poleslah subjek anda untuk menjaga mereka agar tetap fokus dan kemudian biarkan action mengeluarkan sihirnya. Tindakan ini membuat cahaya halus, bintik debu bersinar.


Panel ekstensi ini tidak memerlukan pengetahuan mendalam tentang Photoshop. Matikan layer bokeh dan gabungkan dengan efek hujan dan lensa suar. Jika paket ekstensi bukan yang anda perlukan, anda akan senang mengetahui bahwa semua efek ini datang sebagai action, termasuk dengan download.


Tambahkan efek bercahaya yang funky dengan sekali klik. Prosesnya dipecah menjadi beberapa lapisan untuk anda lakukan dan ada video yang bermanfaat untuk memandu anda melalui proses ini jika anda terjebak.


Ada sepuluh pilihan warna dengan Shimmer dan masing-masing memberikan efek cahaya yang menakjubkan, memenuhi gambar anda dengan kilauan. Dublikat layer untuk membangun sampai anda mendapatkan efek yang diinginkan.


Agak bingung ya, sudah hitam putih ada warnanya lagi.. :DJadi hasilnya nanti foto akan menjadi hitam putih dengan objek tertentu dijadikan berwarna. Tutorial kali ini tergolong mudah, dan tentunya menghasilkan sebuah efek yang unik.


Sebagai graphic designer atau photographer, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Adobe Photoshop. Adobe Photoshop dikenal secara luas sebagai aplikasi untuk mengolah gambar, salah satu penerapannya adalah memberi sentuhan atau penambahan efek pada konten di layer seperti gambar, shape, teks dan sebagainya. Adobe Photoshop telah menyediakan berbagai macam efek, salah satunya adalah Glow (cahaya atau sinar).


Penerapan pengaturan standar (default) dari efek Outer Glow mungkin kurang terlihat. Efek bersinar pada konten di layer masih dirasa kurang. Oleh karena itu, Anda perlu merubah nilai pengaturan Outer Glow agar diperoleh efek bersinar yang sesuai dengan keinginan. Berikut ini adalah cara memberi atau memberlakukan efek Outer Glow di Adobe Photoshop CS6:


Jalankan aplikasi Adobe Photoshop dan siapkan dokumen baru dengan warna latar (background) gelap, misalnya hitam melalui menu File > New.... Warna latar hitam ini dimaksudkan agar efek Outer Glow atau efek bersinar pada bagian luar dari konten di layer dapat terlihat lebih jelas.


Di kotak dialog Layer Style yang muncul, pastikan kotak centang Outer Glow telah dicentang (1), di bagian Outer Glow, di kelompok Structure, atur nilai Opacity ke 85 % (2) dan tentukan warna dengan nilai heksadesimal #04e4dc (3). Berikutnya, di kelompok Element, pilih opsi Precise untuk Technique (4), atur nilai Spread ke 50 % (5), nilai Size ke 8 px (6) atau Anda dapat menentukan opsi dan nilai lain untuk mendapatkan efek Outer Glow berbeda. Klik tombol OK (7) untuk menyimpan perubahan.


STEP LIMA :Pada layer palette, buat sebuah Grup baru dengan cara klik pada ikon Create New Group di bagian bawah Layer Palette. Atur jenis group ke Color Dodge. Kemudian, klik pada Group tersebut dan klik pada ikon Create a New Layer untuk membuat sebuah layer baru didalam Group tersebut. pilih layer yg baru dibuat, pilih brush tool (B) dan pastikan warna foreground menjadi warna kuning cerah. Kemudian sapukan pada bagian sisi dari objek kaka slank seperti gambar dibawah.


Saat Anda perlu menerapkan beberapa efek ajaib pada foto, efek Orton adalah efek yang diinginkan yang dapat Anda terapkan. Ini adalah salah satu filter foto tahun 80-an yang paling sering digunakan untuk lanskap. Mirip dengan fotografi HDR, ini adalah kombinasi beberapa foto dengan eksposur berbeda. Alih-alih menggabungkan foto yang berbeda, efek Orton hanya berfungsi untuk gambar yang diambil melalui mode HDR.


Alih-alih menggabungkan dua lapisan atau dua gambar, Anda juga dapat menggunakan beberapa editor foto untuk menerapkan efek Orton hanya untuk satu gambar untuk mendapatkan perpaduan khas area detail tinggi dan rendah. Selain itu, ada beberapa film analog dan filter memukau yang dapat Anda terapkan dengan satu klik. 2ff7e9595c


1 view0 comments

Recent Posts

See All

Download Street Fighter 6 beta

Como baixar Street Fighter 6 Beta e o que esperar Se você é fã de jogos de luta, provavelmente já ouviu falar lutador de rua 6, a última parcela da lendária série que existe desde 1987. O jogo está pr

bottom of page